SISTEM INFORMASI DAN STRATEGI BISNISSistem
informasi strategis , sistem komputer yang digunakan untuk mengubah
level target organisasi , operasi , produk , jasa , atau hubungan
lingkungan untuk membantu organisasi mencapai keunggulan kompetitif . Keputusan
strategi bisnis perusahaan tergantung pada : Industri Produk dan jasa
perusahaan di mana perusahaan bersaing Pesaing , pemasok , dan pelanggan
dari perusahaan Tujuan jangka panjang dari strategi tingkat perusahaan
Bisnis : Rantai Nilai Model strategi yang paling umum untuk tingkat ini
adalah : menjadi memproduksi
produk dengan biaya produksi yang rendah membedakan produk dan jasa
mengubah lingkup persaingan baik dengan memperluas pasar ke pasar global
dan untuk mempersempit pasar .Model
rantai nilai, model yang membahas kegiatan utama dan pendukung yang
menambah nilai produk dan layanan di mana perusahaan adalah sistem
informasi yang terbaik diterapkan untuk mendapatkan keuntungan
kompetitif . kegiatan utama secara langsung berhubungan dengan produksi dan distribusi produk atau jasa perusahaan . Sedangkan kegiatan penunjang adalah kegiatan yang memungkinkan pelaksanaan aktivitas primer. Terdiri dari infrastruktur organisasi , sumber daya manusia , teknologi , dan pengadaan . Web
mengacu pada nilai jaringan pelanggan yang dikendalikan dari perusahaan
yang menggunakan teknologi informasi untuk mengkoordinasikan rantai
nilainya agar secara kolektif menghasilkan produk atau jasa ke pasar . Produk dan Layanan Sistem InformasiSistem yang menciptakan diferensiasi produk : Perusahaan dapat menggunakan IT untuk mengembangkan produk yang berbeda .Menciptakan loyalitas merek dengan mengembangkan produk dan layanan baru dan unikProduk dan jasa tidak mudah diduplikasi oleh pesaing . Sebagai contoh, Dell Corporation.Sistem
yang mendukung Pasar Niche analisis intensif menggunakan data pelanggan
untuk mendukung cara-cara baru menghubungi dan melayani pelanggan yang
memungkinkan untuk mengembangkan ceruk pasar baru untuk produk atau jasa
tertentu . Sebagai
contoh, program tamu sering Wyndam Hotel Supply Chain Management dan
Efisien Sistem Respon Pelanggan Sistem ini menghubungkan ke rantai nilai
rantai nilai perusahaan pemasok dan konsumen . System yang secara langsung menghubungkan kembali ke distributor perilaku konsumen , produksi , dan rantai pasokan . Contoh: pembelian Wal-Mart secara langsung menghubungkan pelanggan ke pemasok segera . pemasok bekerja untuk memastikan produk tersebut dikirim ke toko untuk menggantikan produk yang dibeli . IT pada level organisasi digunakan untuk menghindari beralihnya konsumen ke pemasok lain dan mengikat mereka pada perusahaan . Biaya
penggantian adalah biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan atau
perusahaan untuk waktu dan sumber daya yang terbuang ketika berpindah
dari satu pemasok atau sistem untuk sistem pemasok atau pesaing . Sebagai contoh, Baxter International . Strategi tingkat korporasi dan Teknologi InformasiMemperluas kompetensi inti , kegiatan di mana perusahaan unggul sebagai pemimpin kelas dunia . Sistem informasi mendorong berbagi pengetahuan di seluruh unit bisnis dan karenanya meningkatkan kompetensi perusahaan . Strategi tingkat industri dan Sistem Informasi : kekuatan-kekuatan kompetitif dan jaringan ekonomi . Perusahaan beroperasi di lingkungan lebih besar yang terdiri dari perusahaan lain , pemerintah , dan bangsa . Kemitraan
informasi , aliansi kerjasama yang dilakukan oleh dua atau lebih
perusahaan yang bertujuan untuk berbagi informasi untuk memperoleh
keuntungan strategis . Membantu perusahaan mendapatkan akses ke pelanggan baru , menciptakan peluang baru untuk cross-selling dan penargetan produk . Lima model kekuatan Porter Dalam lingkungan yang lebih besar , ada lima kekuatan utama atau ancaman :Pemain
baru produk dan jasa Pengganti Pemasok Pelanggan Perusahaan lain yang
bersaing secara langsung kekuatan Kompetitif Model , model yang
digunakan secara langsung untuk menjelaskan interaksi pengaruh eksternal
, khususnya ancaman dan peluang , dan strategi yang mempengaruhi
kemampuan organisasi untuk bersaing . Teknologi
internet telah mempengaruhi struktur industri Menyediakan teknologi
untuk membuatnya lebih mudah bagi pesaing untuk bersaing dalam hal harga
dan pemain baru di pasar . Meningkatkan informasi yang tersedia untuk pelanggan tumbuh dalam harga sehingga meningkatkan daya tawar . Menurunkan
kekuatan pemasok barang Pengganti ekosistem Bisnis IT memainkan peran
yang kuat dalam menciptakan bentuk-bentuk baru produk ekosistem bisnis .
Ekosistem
bisnis adalah jaringan pemasok , distributor , perusahaan outsourcing,
perusahaan transportasi , dan teknologi manufaktur yang saling terkait .
Sebagai contoh, Microsoft : 1 milyar PC di seluruh dunia dan ratusan ribu bisnis bergantung pada platform Microsoft . EBay : Jutaan orang dan ribuan bisnis menggunakan platform perusahaan . Wal - Mart : sistem Enterprise digunakan oleh pemasok untuk meningkatkan efisiensi .Ekonomi jaringanproduk dan jasa menunjukkan efek jaringan yang kuat dan berpotensi menciptakan situasi " winner take all " . Jaringan
menyebabkan biaya untuk menambah peserta lain atau kurang nol ,
sebaliknya keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar . Bertentangan dengan hukum penurunan laba pada produk industri dan pertanian . Sebagai contoh, nilai Internet tumbuh secara eksponensial dengan kenaikan linier pada pengguna . Karena
perangkat lunak dapat menjadi standar tertentu ( seperti sistem operasi
Windows atau Office Windows) , orang bisa terkunci ke dalam standar
Windows dan nilai tumbuh karena semakin banyak orang yang menggunakannya
.Strategi yang baik , menggunakan IT untuk membangun produk dan jasa yang menyebabkan efek jaringan . Peluang manajemen , Perusahaan menghadapi perkembangan peluang berbasis IT untuk mendapatkan keuntungan strategis .
Tantangan manajemenBeberapa perusahaan menghadapi rintangan besar dalam menerapkan sistem kontemporer .Setelah keuntungan tercapai , ada kesulitan dalam mempertahankan keunggulan .Organisasi sering tidak dapat diubah untuk mengakomodasi teknologi baru cukup cepatPedoman
Penyelesaian analisis sistem strategis Memahami struktur dan dinamika
persaingan industri dimana perusahaan beroperasi . Memahami
rantai nilai bisnis , perusahaan , dan industri Pertimbangkan bagaimana
perusahaan dapat mengelola " pergeseran strategis " dalam upaya untuk
menerapkan sistem yang memberikan keunggulan kompetitif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar