Salah
satu fenomena ekonomi yang paling menarik dan unik yang muncul selama
10 tahun terakhir adalah dampak dari teknologi dalam menciptakan produk
yang bebas kepada konsumen. Chris Anderson menulis tentang hal ini dalam bukunya yang berjudul "Free " . Aspek
yang paling unik dari model bisnis ini adalah bahwa hal itu
menghasilkan keuntungan yang luar biasa bagi mereka yang tahu bagaimana
menggunakannya dengan benar .
Biasanya
, munculnya "bebas " produk atau jasa adalah contoh yang dimaksudkan
untuk memberikan konsumen rasa yang membujuk mereka untuk membayar untuk
produk di masa depan . Sebenarnya , tidak ada hal seperti itu sebagai gratis karena seseorang harus membayar semuanya . Namun,
percepatan teknologi telah memungkinkan model bisnis berpusat di
sekitar menawarkan produk , layanan , dan konten yang bebas kepada
konsumen akhir .
Mari kita mulai dengan memeriksa dampak teknologi yang berkaitan dengan pengiriman konten dan layanan . Hukum Moores mendalilkan bahwa jumlah transistor pada sirkuit terpadu ganda setiap 18 bulan . Secara praktis , ini berarti bahwa biaya per unit daya komputasi secara efektif tetes dalam setengah setiap 18 bulan . Ini
berarti bahwa biaya untuk menyediakan produk atau layanan kepada satu
pelanggan yang cepat turun menjadi sangat mendekati nol . Dengan
demikian, perusahaan yang telah dibangun infrastruktur teknologi dapat
memberikan produk dan jasa dengan biaya yang sangat nominal . Hal
yang memungkinkan model ini adalah kebebasan dari kontainer konten
seperti buku , DVD , ponsel , tablet , atau beberapa perangkat lain
untuk memegang atau menyimpan konten .
Dengan
mengkhususkan diri dalam produk teknologi berbasis perangkat lunak ,
perusahaan dapat menangkap semua keuntungan biaya yang ditawarkan oleh
Hukum Moore tanpa dibatasi oleh biaya wadah untuk konten mereka . Para pelopor dan pemimpin unggul dalam model bisnis pergeseran ini telah Google . Model bisnis Google didasarkan pada perubahan paradigma yang dramatis dibandingkan dengan ekonomi tradisional . Alih-alih
menciptakan produk untuk dijual kepada pelanggan , Google menciptakan
produk yang pelanggan memiliki akses gratis ke dan kemudian biaya
pengiklan untuk akses ke basis pelanggan mereka . Model
ini sangat mirip dengan televisi tradisional , namun menawarkan
kemampuan untuk pengiklan untuk mempersempit basis pelanggan mereka jauh
lebih halus daripada yang tersedia melalui sikat luas iklan televisi .
Hasil
model ini telah terjadi peningkatan dramatis dalam jumlah "bebas "
perangkat lunak, layanan , dan alat-alat yang tersedia di pasar online .
Dengan memberikan akses ke kekayaan ini dari konten , Google menarik banyak orang untuk jaringan mereka situs . AdWords inovatif mereka bayar per- klik lelang layanan off tepat untuk mencapai ceruk pasar kepada penawar tertinggi per klik . Sebuah
model bisnis yang berdekatan yang telah melahirkan dari paradigma ini
yang dengan cepat menantang model tradisional menggunakan perlindungan
hak cipta untuk membatasi distribusi konten .
Dalam
dunia yang dilindungi copy konten , produk baru ( seperti buku atau DVD
) dirilis, dipasarkan berat , dan dengan cepat masuk ke penurunan
seperti yang digantikan oleh sesuatu yang lebih baru . Model
ini bergantung pada menangkap banyak nilai yang sangat cepat untuk
mengimbangi biaya pemasaran dan menghasilkan laba sebelum kehidupan rak
berakhir dan menjadi terlupakan .
Berbeda
dengan ini adalah model konten gratis yang didasarkan pada bertahap
membangun popularitas dan kesadaran dari waktu ke waktu . Jika
produk sangat baik , dapat mencapai sukses spektakuler karena konten
gratis jauh lebih mungkin untuk pergi " virus " dan memiliki banyak
orang melihat dan merekomendasikan hal ini , yang membawa lebih banyak
pemirsa dan lebih rekomendasi . Dalam
model ini , Anda menangkap nilai bukan dengan pemasaran untuk pelanggan
dengan harapan bahwa mereka akan membeli , tapi dengan menarik
pelanggan untuk Anda karena kandungan unggul dan menangkap nilai melalui
hubungan dengan pengiklan dan afiliasi yang membayar komisi untuk akses
ke pelanggan yang telah pre - kualifikasi dengan mengakses konten Anda .
Pergeseran paradigma ini memicu generasi sekarang pemikiran pada pemasaran web . Kekuatan
luar biasa dari mesin pencari untuk mengarahkan lalu lintas untuk situs
web telah menciptakan seluruh industri sekitar optimasi mesin pencari .
Namun,
strategi yang paling kuat untuk efisiensi pencari adalah untuk membuat
konten berkualitas tinggi sejak mesin pencari yang ada untuk membawa
pelanggan konten terbaik dengan cara yang paling sederhana mungkin. Kesempatan
untuk web pemasar berasal dari membuat konten yang luar biasa yang
tepat dioptimalkan untuk visibilitas pencarian untuk menarik pelanggan
ke situs web Anda , kemudian menjual akses ke populasi pelanggan untuk
pengiklan dan afiliasi .
Pada
akhirnya , fenomena ini ' bebas' terus membentuk pasar online dan
diharapkan untuk menghasilkan infrastruktur bahkan model bisnis yang
lebih baru untuk muncul di masa depan . Ini
merupakan paradigma baru yang akan menimbulkan masalah besar untuk
orang-orang dan perusahaan yang bercokol di status quo dan peluang besar
bagi mereka yang memahami dan memanfaatkan model bisnis baru ini .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar