Rabu, 04 Desember 2013

EKONOMI GRATIS

Salah satu fenomena ekonomi yang paling menarik dan unik yang muncul selama 10 tahun terakhir adalah dampak dari teknologi dalam menciptakan produk yang bebas kepada konsumen. Chris Anderson menulis tentang hal ini dalam bukunya yang berjudul "Free " . Aspek yang paling unik dari model bisnis ini adalah bahwa hal itu menghasilkan keuntungan yang luar biasa bagi mereka yang tahu bagaimana menggunakannya dengan benar .
Biasanya , munculnya "bebas " produk atau jasa adalah contoh yang dimaksudkan untuk memberikan konsumen rasa yang membujuk mereka untuk membayar untuk produk di masa depan . Sebenarnya , tidak ada hal seperti itu sebagai gratis karena seseorang harus membayar semuanya . Namun, percepatan teknologi telah memungkinkan model bisnis berpusat di sekitar menawarkan produk , layanan , dan konten yang bebas kepada konsumen akhir .
Mari kita mulai dengan memeriksa dampak teknologi yang berkaitan dengan pengiriman konten dan layanan . Hukum Moores mendalilkan bahwa jumlah transistor pada sirkuit terpadu ganda setiap 18 bulan . Secara praktis , ini berarti bahwa biaya per unit daya komputasi secara efektif tetes dalam setengah setiap 18 bulan . Ini berarti bahwa biaya untuk menyediakan produk atau layanan kepada satu pelanggan yang cepat turun menjadi sangat mendekati nol . Dengan demikian, perusahaan yang telah dibangun infrastruktur teknologi dapat memberikan produk dan jasa dengan biaya yang sangat nominal . Hal yang memungkinkan model ini adalah kebebasan dari kontainer konten seperti buku , DVD , ponsel , tablet , atau beberapa perangkat lain untuk memegang atau menyimpan konten .


 
Dengan mengkhususkan diri dalam produk teknologi berbasis perangkat lunak , perusahaan dapat menangkap semua keuntungan biaya yang ditawarkan oleh Hukum Moore tanpa dibatasi oleh biaya wadah untuk konten mereka . Para pelopor dan pemimpin unggul dalam model bisnis pergeseran ini telah Google . Model bisnis Google didasarkan pada perubahan paradigma yang dramatis dibandingkan dengan ekonomi tradisional . Alih-alih menciptakan produk untuk dijual kepada pelanggan , Google menciptakan produk yang pelanggan memiliki akses gratis ke dan kemudian biaya pengiklan untuk akses ke basis pelanggan mereka . Model ini sangat mirip dengan televisi tradisional , namun menawarkan kemampuan untuk pengiklan untuk mempersempit basis pelanggan mereka jauh lebih halus daripada yang tersedia melalui sikat luas iklan televisi .
Hasil model ini telah terjadi peningkatan dramatis dalam jumlah "bebas " perangkat lunak, layanan , dan alat-alat yang tersedia di pasar online . Dengan memberikan akses ke kekayaan ini dari konten , Google menarik banyak orang untuk jaringan mereka situs . AdWords inovatif mereka bayar per- klik lelang layanan off tepat untuk mencapai ceruk pasar kepada penawar tertinggi per klik . Sebuah model bisnis yang berdekatan yang telah melahirkan dari paradigma ini yang dengan cepat menantang model tradisional menggunakan perlindungan hak cipta untuk membatasi distribusi konten .
Dalam dunia yang dilindungi copy konten , produk baru ( seperti buku atau DVD ) dirilis, dipasarkan berat , dan dengan cepat masuk ke penurunan seperti yang digantikan oleh sesuatu yang lebih baru . Model ini bergantung pada menangkap banyak nilai yang sangat cepat untuk mengimbangi biaya pemasaran dan menghasilkan laba sebelum kehidupan rak berakhir dan menjadi terlupakan .
Berbeda dengan ini adalah model konten gratis yang didasarkan pada bertahap membangun popularitas dan kesadaran dari waktu ke waktu . Jika produk sangat baik , dapat mencapai sukses spektakuler karena konten gratis jauh lebih mungkin untuk pergi " virus " dan memiliki banyak orang melihat dan merekomendasikan hal ini , yang membawa lebih banyak pemirsa dan lebih rekomendasi . Dalam model ini , Anda menangkap nilai bukan dengan pemasaran untuk pelanggan dengan harapan bahwa mereka akan membeli , tapi dengan menarik pelanggan untuk Anda karena kandungan unggul dan menangkap nilai melalui hubungan dengan pengiklan dan afiliasi yang membayar komisi untuk akses ke pelanggan yang telah pre - kualifikasi dengan mengakses konten Anda .
Pergeseran paradigma ini memicu generasi sekarang pemikiran pada pemasaran web . Kekuatan luar biasa dari mesin pencari untuk mengarahkan lalu lintas untuk situs web telah menciptakan seluruh industri sekitar optimasi mesin pencari . Namun, strategi yang paling kuat untuk efisiensi pencari adalah untuk membuat konten berkualitas tinggi sejak mesin pencari yang ada untuk membawa pelanggan konten terbaik dengan cara yang paling sederhana mungkin. Kesempatan untuk web pemasar berasal dari membuat konten yang luar biasa yang tepat dioptimalkan untuk visibilitas pencarian untuk menarik pelanggan ke situs web Anda , kemudian menjual akses ke populasi pelanggan untuk pengiklan dan afiliasi .
Pada akhirnya , fenomena ini ' bebas' terus membentuk pasar online dan diharapkan untuk menghasilkan infrastruktur bahkan model bisnis yang lebih baru untuk muncul di masa depan . Ini merupakan paradigma baru yang akan menimbulkan masalah besar untuk orang-orang dan perusahaan yang bercokol di status quo dan peluang besar bagi mereka yang memahami dan memanfaatkan model bisnis baru ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar